Bertempat di Gedung serbaguna Dinas pemuda dan Olahraga Provinsi Maluku, Seleksi paskibraka Provinsi Maluku tahun 2021 telah dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Maluku Sandi A. Wattimena, ST,MT pada Kamis 27 Mei 2021. Turut mendampingi Kepala dinas dalam pembukaan tersebut ketua Tim Seleksi Peltu. Levinus Huwae dan Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Gusna Ria,SE,MM. Selain dihadiri putra putri utusan kabupaten kota se-maluku hadir juga Tim Seleksi, para pengurus PPI Maluku, Pendamping yang berasal dari Dispora Kabupaten/ Kota dan Orang Tua/Wali dari para siswa yang mengikuti seleksi.

Selama mengikuti para siswa putra putri utusan Kabupaten/Kota ini diseleksi dengan materi yang terdiri dari : Pengetahuan Umum, Parade, Kesehatan, PBB, Samapta, Psikotes, Wawancara, dan Kesenian. Selanjutnya hasil penilaian dari seluruh materi seleksi, dipilih 1 orang putri dan 1 orang putra dengan nilai tertinggi untuk mengikuti diklat Paskibraka Nasional dan selanjutnya menjadi anggota Paskibraka di Istana Negara Jakarta sebagai Wakil Provinsi Maluku.

Pada Seleksi Paskibraka Provinsi Maluku Tahun 2021, berbagai kendala yang dialami masing-masing maka hanya terdapat 7 dari 11 Kabupaten/Kota se-Maluku yang mampu mengirimkan utusan Putra Putri yang telah diseleksi di daerah masing-masing ke Dispora Provinsi Maluku. Adapun 7 Kabupaten/Kota tersebut masing-masing : Kota Ambon dengan sepasang Putra-Putri, Maluku Tenggara sepasang Putra-Putri, Maluku Tengah sepasang Putra-Putri, Maluku Barat Daya sepasang Putra-Putri, Seram Bagian Timur sepasang Putra-Putri, Buru sepasang Putra-Putriļ¼ŒBuru Selatan sepasang Putra-Putri, dan Kepulauan Aru sepasang Putra.