Puncak Hari Olahraga Nasional ke- XXXVII Tahun 2020 telah dilaksanan Rabu, 9 September 2020 yang berlokasi di Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional PPPON Cibubur, Jakarta dan dibuka secara langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Bapak Zainudin Amali. Presiden Republik Indonesia turut menghadiri puncak Hari Olahraga Nasional HAORNAS serta memberikan sambutan secara virtual dari Istana Negara di Bogor.

Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Maluku bertugas dalam hal ini menyiapkan acara untuk mengikuti Puncak Haornas Tahun 2020 secara virtual tersebut dengan dihadiri langsung oleh Gubernur Maluku, Wakil Gubernur Maluku, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah FORKOPIMDA Maluku, Para Pejabat Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku termasuk didalamnya Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Maluku, Para Pelatih, Pengurus Cabang Olahraga, serta atlet-atlet berbagai cabang olahraga di Provinsi Maluku.

Pada Puncak peringatan Haornas tahun ini Kemenpora mendorong tiga tema besar sekaligus yakni sport science, sport tourism dan sport industry. Tujuannya adalah meningkatkan kebugaran sekaligus mengacu prestasi olahraga Indonesia. “Bila ingin memacu prestasi olahraga dan meningkatkan kebugaran masyarakat maka sport science yang harus mendampingi pembinaan olahraga di tanah air,” kata Menpora RI dalam sambutannya .

Selanjutnya Presiden Republik Indonesia Bapak Joko widodo dalam sambutanya menegaskan, bila prestasi olahraga nasional masih kurang berhasil, itu artinya program olahraga yang diterapkan masih belum tepat. Perlu dilakukan review secara total.
Menurut presiden, pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru juga perlu diterapkan. Bukan hanya untuk pengembangan pusat pelatihan berbasis sains, melainkan juga untuk pengembangan manajemen yang lebih baik.