Kamis 13 Agustus, tepat jam 15.00 WIT bertempat di lantai 7 kantor Gubernur Maluku dilaksanakan Upacara Pengukuhan Paskibraka tahun 2020 yang dilaksanakan serempak seluruh Indonesia.Diawali dengan Upacara pengukuhan Paskibraka di Istana Negara yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Jokowi Widodo yang disaksikan semua provinsi termasuk dari Maluku.

Selanjutnya Presiden mempersilahkan pengukuhan di tingkat Daerah yang dipimpin oleh Kepala Daerah di masing-masing provinsi. Adapun hari ini mewakili Gubernur Maluku, pengukuhan Paskibraka Provinsi Maluku Tahun 2020 oleh Wakil Gubernur Maluku Bapak Barnabas Orno, yang disaksikan oleh pejabat lingkup Pemerintah Provinsi Maluku secara terbatas sesuai dengan protokol Kesehatan.

Bapak Wakil Gubernur Maluku @barnabasornoofficial , selaku Pembina Upacara mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka PASKIBRA untuk Upacara HUT Ke-75 Kemerdekaan RI tahun 2020. Adapun para purna paskibraka yang dilantik menjadi Paskibraka Provinsi Maluku Tahun 2020, sebagai berikut :

  • Evangelio Eugene Margery Siahaya, Sekolah asal : SMK 6 Ambon;
  • Rizal Nanda Antonio, Sekolah asal : SMA N 1 Ambon;
  • Anzel Kenneth Hartono, Sekolah asal : SMA Lentera Harapan Ambon;
  • Jack Imanuel Dea, Sekola asal : SMA N 2 Ambon;
  • Karel Noel Marsheldey Loppies, Sekolah asal : SMA Lentera Harapan Ambon;
  • Petrus Andarias de Kock, Sekolah asal : SMA N 4 Ambon;
  • Siti Nur Baihati Marasabessy, Sekolah asal : MAN Ambon;
  • Maya Ariningtyas Saimima, Sekolah asal : SMA N 1 Ambon;
  • Annisa Syiefa Fitriani, Sekolah asal : SMA N 3 Ambon

Upacara Pengukuhan Paskibraka tahun ini memiliki perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya dimana Para anggota Paskibraka yang baru saja dikukuhkan ini hanya berjumlah 9 orang dan kesembilan anggota Paskibraka 2020 ini merupakan Purna Paskibraka tahun sebelumnya, hal ini berkaitan dengan keputusan pemerintah untuk meniadakan seleksi paskibraka yang baru tahun 2020 ditengah terjadinya pandemik yang melanda berbagai daerah termasuk Maluku. Para tamu yang menghadiri Upacara Pengukuhan Paskibraka kali ini juga dikurangi jumlahnya sesuai dengan protokol Kesehatan. Selanjutnya para Paskibraka 2020 akan bertugas untuk Pelaksanaan Upacara yang akan dilaksanakan di Lapangan Merdeka Kota Ambon 17 Agustus 2020.